Searching...
Thursday, July 3, 2014

5 Cara Mudah untuk Atasi Mual-Mual Akibat Cairan Empedu Berlebih

Sering merasa mual dan ingin muntah? Hati-hati, mungkin saja itu disebabkan karena produksi cairan empedu yang berlebih.

Empedu adalah cairan tubuh yang disekresikan oleh hati untuk membantu mencerna makanan sekaligus mengelurkan racun dari tubuh. Cairan ini diproduksi oleh hati dan disimpan di dalam kantung empedu. Cairan empedu terdiri dari 80-90 persen air dan sisanya adalah garam empedu, lemak, lendir, dan garam anorganik. Banyak sedikitnya produksi empedu ditentukan oleh kebutuhan tubuh.

Jika produksi empedu berlebih, seseorang akan merasa mual atau bahkan muntah. Biasanya berlebihnya produksi empedu disebabkan karena kebiasaan makan yang tak sehat, gaya hidup yang tidak teratur, dan masalah pada pencernaan.

Ketika mendapat terlalu banyak asupan makanan, tubuh tidak bisa mencerna makanan dengan semestinya. Nah, untuk mengatasi masalah ini kemudian tubuh memproduksi lebih banyak cairan empedu. Jika sering mual atau perut tak enak, mungkin inilah penyebabnya.

Meningkatnya produksi empedu kemudian menyebabkan gangguan pencernaan, mual, muntah, dan dalam beberapa kasus juga menyebabkan perubahan suasana hati serta depresi. Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi produksi empedu yang berlebih.

Inilah lima cara sederhana untuk mengatasi produksi cairan empedu yang berlebih, sebagaimana dikutip dari Boldsky.

1. Mengoreksi pola makan
Produksi empedu yang berlebih menyebabkan rasa mual dan rasa tidak nyaman. Cairan itu diproduksi secara berlebih jika seseorang makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Untuk itu, penting untuk selalu memantau kuantitas makanan yang telah diraup.

Selain itu, sebaiknya hindari makan tepat sebelum tidur. Jangan makan terlalu banyak dan jangan memaksa untuk tetap makan ketika perut telah memberikan sinyal kenyang. "Makan dengan teratur dalam porsi kecil " adalah kiat yang tepat untuk mencegah berlebihnya produksi empedu.

2. Kurangi makanan berlemak
Selain harus mengendalikan jumlah makanan yang dikonsumsi, memastikan memakan makanan berkualitas juga penting dilakukan. Makanan tinggi lemak yang kaya kandungan minyak dan gula membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Akibatnya tubuh memproduksi lebih banyak cairan empedu.

Untuk mengurangi gangguan pencernaan akibat produksi empedu yang berlebih, sebaiknya hindari makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Termasuk junk food, makanan dengan isian keju, atau makanan dengan isian gula.

3. Perbanyak minum air
Untuk mencegah mual-mual karena produksi empedu yang berlebih, jaga agar tubuh terhidrasi dengan baik. Sebab air membantu proses pencernaan makanan. Semakin banyak air, semakin sedikit produksi cairan empedu.


Salah satu kiat efektif untuk mengurangi produksi cairan empedu yang berlebih ialah dengan minum banyak air. Faktanya, minum segelas air hangat sesaat setelah bangun pagi dan sesaat sebelum tidur dapat mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan sekaligus menghindarkan diri dari kembung, radang lambung, mual, serta kegelisahan

4. Hindari makanan tinggi asam
Jika Anda sering mengalami mual atau kembung akibat berlebihnya produksi cairan empedu, cobalah untuk menghapus segala makanan yang mengandung asam dari menu Anda. Hindari minum kopi, jus jeruk, air lemon, dan makanan asam lain, terutama pada malam hari setelah makan. Hindari juga makanan yang memicu sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi empedu.

5. Mulai berolahraga
Olahraga adalah obat untuk semua penyakit. Olahraga secara teratur dapat membuat tubuh sehat dan bebas dari berbagai penyakit. Sama halnya dengan gangguan kesehatan akibat berlebihnya produksi empedu. Salah satu tips yang ampuh untuk mengatasinya ialah dengan berolahraga secara teratur.

Jalan-jalan santai setelah makan dapat mempercepat pencernaan. Beberapa posisi dalam yoga dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Semua latihan olahraga yang rutin efektif dalam mengendalikan kadar empedu di dalam tubuh. Jangan remehkan manfaat olahraga dan mulailah sejak saat ini!

Semoga Bermanfaat silahkan klik like dan cantumkan komentar dibawah ini dan bagikan ke halaman anda agar teman-teman tau tentang informasi ini.

0 komentar: